KESUSTRAAN INDONESIA

Wakili Indonesia, Baca Puisi di Depan Sastrawan 8 Negara

Sastra Jumat, 15 Juli 2016
Wakili Indonesia, Baca Puisi di Depan Sastrawan 8 Negara

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Budayawan Riau, Rida K Liamsi akan membacakan puisi di depan ratusan sastrawan delapan negara, Jumat malam ini (15/7) di Banda Aceh. Rida mewakili Indonesia. Begitu juga dengan negara lain yang mengirimkan utusannya. Para sastrawan hadir setelah diundang resmi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh berkerja sama dengan Lapena (Institute for Culture and Society) selaku pelaksana.

Rida akan membacakan puisi dalam acara resmi pembukaan di rumah kediaman Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Kegiatan yang dilaksanakan sejak pembukaan malam ini, baru akan berakhir Ahad malam (17/7). Berbagai kegiatan kesusasteraan akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Antara lain seminar bersama pakar dan kritikus sastra Maman S Mahayana (Indonesia), Prof Dr Koh Younghun (Korsel), Prof Dr Siti Zainon Ismail (Malaysia), Nik Abdul Rakib Bin Nik Hassan (Thailand) dan beberapa lainnya. Dalam pertemuan sastrawan delapan negara tersebut juga akan diluncurkan 27 buku puisi karya para penyair Indonesia.

Selain Rida, beberapa satrawan Riau lainnya juga turut diundang. Di antaranya Fakhrunnas MA Jabbar, Kazzaini Ks, A Aris Abeba, Mosthamir Thalib dan Kunni Masrohanti. Beberapa sastrawan lainnya seperti Dheni Kurnia, Husnu Abadi, Marhalim Zaini, Murparsaulian yang juga turut diundang berhalangan hadir.

‘’Kami mengundang 120 sastrawan dari delapan negara untuk berbincang dan membahas kesusasteraan secara lebih luas. Kami juga mengundang sastrawan dari Riau. Pak Rida akan mewakili Indonesia membaca puisi di depan ratusan sastrawan delapan negara itu,’’ ungkap koordinator acara, Helmi Hass, kepada Riau Pos via telepon genggam, Kamis (14/7).(kun)