Hai Wai, apa kabar ?

Ikrar Pendirian Perkumpulan  Penulis Kepulauan Riau (PPKR)

Hai Wai ! Kamis, 31 Desember 2020
Ikrar Pendirian Perkumpulan  Penulis Kepulauan Riau (PPKR)

Kemaren, Jumat malam, 11/12/, di Teluk Sekatap, Dompak, Tanjungpinang, dalam acara peluncuran buku kumpulan tulisan Husnizar Hood, Temberang, peresmian  yayasan Kampung Seni Sekatap, serta merayakan  ultah Penyair Huznizar Hood  yang ke 53, saya dan Huznizar telah mendeklarasijan berdirinya Perkumpulan Penulis Kep. Riau ( PPKR ). Apa dan gimana PPKR, silakan  simak deklarasi ( ikrar ) di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi masa depan dunia literasi  di jantung negeri Melayu ini. Salam takzim : 


Ikrar Pendirian Perkumpulan  Penulis Kepulauan Riau ( PPKR )

Bismillah hirahman nirrahim
Bahwasanya , tradisi  kepengarangan atau literasi di rantau negeri Melayu ini, khususnya di Kepulauan Riau ( KEPRI ) , mempunya jejak yang panjang dengan warisan karya yang agung dan berpengaruh . Dimulai dari masa Pujangga besar Raja Ali Haji dengan Gurindam XII sampai kepada para penulis muda KEPRI hari ini. 

Untuk terus memelihara  tradisi yang mulia ini dan menjaga agar proses pewarisan  karya karya yang berharga itu terus terjadi , maka perlu ada nya wadah yang menjadi sarana pemersatu , penghimpun dan penggerak  semangat kepengarangan tersebut. Wadah yang diharapkan dapat menjaga kebersamaan, petsaudaraan  yang ujud dalam silaturrahim sesama penulis / pengarang  

Berdasarkan pokok pokok pikiran diatas, Hari ini 11 Desember 2020 , kami yang bertanda tangan di bawah  ini , berikrar dan memaklumkan berdirinya Perkumpulan  Penulis Kepulauan Riau yang disingkat PPKR yang akan menjadi wadah bagi berhimpun dan bersilaturrahim para  penulis di KEPRI , baik yang lahir  dan dibesarkan di daerah ini , atau yang datang, menetap , dan membangun karir kepengarangan  di kawasan ini, ataupun mereka yang lahir di KEPRI tetapi membangun karir kepengarangannya di rantau lain , tanpa melupakan jatidirinya sebagai warga KEPRI. 

Setelah dimaklumkan secara  terbuka, maka PPKR akan segera didaftarkan   pada lembaga pemerintah yang bertanggungjawab atas keberadaan 
sebuah  organisasi  sosial dan professi, dan dibuat akta pendirian agar eksistensi organisasi ini mendapat tempat  dan perlindungan di dalam sistim hukum dan administrasi di negeri ini.

Teluk  Sekatap , 11 Desember 2020
Para Penggagas :
    1.    Rida K Liamsi 
    2.    Husnizar Hood


Related Post