KAPLF II: Ko Hyeong-Ryeol, Penyair Kehormatan asal Korsel

Budaya Jumat, 14 Oktober 2011
KAPLF II: Ko Hyeong-Ryeol, Penyair Kehormatan asal Korsel

PEKANBARU (RP) - Ko Hyeong-Ryeol lahir di Sokcho, Provinsi Gangwon pada 1945. Peserta kehormatan dari 11 penyair asal Korea Selatan ini, selain seorang penyair juga pemimpin redaksi majalah Sipyeong/Sipyung yang akan melakukan MoU dengan majalah Sagang pada malam pembukaan temu penyair Korean-ASEAN Poets Literature Festival (KAPLF) ke-2, pada 25 Oktober mendatang.

Hyeong telah banyak menghasilkan dan menerbitkan buku puisi. Buku puisi perdananya diterbitkan di Hyeondae Munhak pada 1979. Buku-buku puisinya cukup banyak dan menariknya, dia juga menghasilkan puisi anak-anak berjudul ‘’Suster Tidur Memegang Roti’’.

Ia juga telah menerima banyak penghargaan, termasuk penghargaan Sastra Modern 55.

‘’Ko Hyeong asal Korea Selatan adalah peserta kehormatan dalam helat ini. Nanti dia akan memberi sambutan atas nama presiden TPSA/Chairman KAPLF dan menanda-tangani MoU majalah Sipyung dengan majalah Sagang,’’ ujar Sekretaris KAPLF, Sutrianto.

Di malam pembukaan itu, Hyeong juga akan membaca puisi bersama para penyair lainnya seperti Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri, Eddy Akhmad RM dan peserta kehormatan lainnya yakni Gubernur Riau Rusli Zainal.

Dia juga akan ikut ambil bagian dalam agenda budaya yang ditaja Yayasan Sagang tersebut ke berbagai lokasi yang jadi ikon Melayu Riau seperti Istana Siak Sri Indrapura dan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar.

‘’Kita harap agenda KAPLF ke-2 di Riau tahun ini memberi kesan mendalam pada semua peserta sehingga mereka pun menuangkan dalam puisi-puisi terbaru mereka. Salah satunya tentu saja dari Chairman KAPLF Ko Hyeong,’’ ungkap Sutrianto.(aal)