KAPLF II: Sastrawan Penuh Bakat, Hari Maung

Budaya Senin, 10 Oktober 2011
KAPLF II: Sastrawan Penuh Bakat, Hari Maung

PEKANBARU (RP)- Penulis dan seniman yang lahir di Yangon, Myanmar ini sudah mulai menulis puisi sejak usia 17 tahun dan mulai muncul di majalah sastra lokal pada 2003. Sejak saat itu, dia telah memberi kontribusi melalui puisi, esai sastra dan kritik puisi di majalah Myanmar.

Kini Hari Maung telah menerbitkan dua buku puisi yakni Laut Kenikmatan (2006) dan Biologi Surplus (2011). Dia juga telah menerjemahkan banyak buku anak-anak seperti Wonderful Wizard Oz, Charlie dan Chocolate Factory, Buaya Raksasa, Web Charlott dan Mr Fox Fantastic.

Dia pun sudah berkolaborasi dengan dua penulis Myanmar untuk menulis dan menerbitkan buku bertajuk Membela Konsumen yang menganalisis dan mengkritik konsumerisme dan kapitalisme.

Hari Maung juga memiliki karir yang panjang dengan beberapa pengeditan seni, sastra dan majalah musik: Tinjauan Sastra Phat SAYAR (2005-2006), jurnal musik Alinka Wutyi (2006-2007), majalah  sastra Thit dan majalah seni Pan (2007-2008) serta majalah anak SMP (2008-2009).

‘’Kerja kreatif penyair Myanmar ini cukup produktif dan telah memberi pengaruh besar di negaranya. Kita memilihnya tentu saja berdasar pertimbangan yang tak main-main dan dia layak ikut dalam helat akbar nanti,’’ ulas Sekretaris Panitia KAPLF Sutrianto, Ahad (9/10).

Hari Maung belajar seni pada 2005 dan telah berpartisipasi dalam beberapa pameran baik dalam maupun luar negeri. Pameran solo debutnya pada 2007.

Sekarang dia berbasis di Thailand dan bekerja untuk sebuah organisasi non-profit yang fokus pada gerakan masyarakat sipil di Myanmar.(aal)


Related Post