Anugerah Sagang Wajib Dipertahankan

Budaya Rabu, 03 November 2010
Anugerah Sagang Wajib Dipertahankan

SIAK (RP) -Orang Melayu yang bijak adalah menghargai karya seni dan hasil cipta yang bermanfaat bagi masyarakat. Penghargaan terhadap karya seni sudah ditunjukan oleh Sagang Riau Pos dalam gelar Anugerah Sagang.

Makanya penghargaan ini wajib dipertahankan sampai kapanpun. Ini merupakan penghargaan yang gemilang bagi karya seni orang Melayu Riau yang jarang dibuat secara berkesinambungan.

‘’Anugerah Sagang ini harus dipertahankan sampai kapanpun. Karena Sagang satu-satunya organisasi seni yang mempu memberikan penghargaan kepada seniman melalui hasil karya terbaiknya,’’ ujar Wakil Bupati Siak Drs H OK Fauzi Jamil kepada Riau Pos, Ahad (10/10) di Siak.


Ia yang pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Pariwisata Riau mengaku sangat bangga kepada Riau Pos, dan juga Yayasan Sagang Riau yang sudah mempertahankan pemberian anugerah tersebut. Apalagi selama ini seniman Riau sangat jarang sekali bahkan tidak pernah terdengar secara nasional mendapatkan anugerah di tingkat nasional.

Makanya program pemberian anugerah kepada seniman Riau merupakan hal positif yang sangat didukung oleh masyarakat Riau, dan Riau sudah terkenal melalui Anugerah Sagang yang digelar secara konsisten oleh Yayasan Sagang Riau.

Ia menilai, Anugerah Sagang merupakan uji nyali dan prestasi karya anak negeri. Ini juga sebagai wadah untuk mengukur kemampuan seniman, sebelum mereka mengaku hebat atau sudah berbuat untuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan melalui berbagai karyanya.

Tentunya kata OK Fauzi Jamil, Anugerah Sagang merupakan langkah maju bagi masyarakat Riau, dan ke depan hendaknya menambah nominator Anugerah Sagang lebih banyak lagi untuk merangsang seniman muda Riau berbakat.

Ia juga menyarankan kepada nominator Anugerah Sagang harus mampu menyosialisasikan diri.(ksm)


Related Post