Rida: 23 Tahun Berikan Warna Baru

Riau Pos Terbanyak Raih Penghargaan Jurnalistik

Bisnis Senin, 06 Januari 2014
Riau Pos Terbanyak Raih Penghargaan Jurnalistik

TANJUNGPINANG (RIAUPOS.CO) - Harian Pagi Riau Pos berhasil mencatatkan diri sebagai media di bawah payung Riau Pos Group (RPG) yang terbanyak meraih juara Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) sepanjang 2013.

Raihan ini, menjadikan media dengan tagline ‘’Bangun Negeri Bijakkan Bangsa’’ ini berhak mendapatkan Penghargaan Khusus Riau Pos Group 2013.

Selain itu, penghargaan yang khusus juga diraih www.riaupos.co untuk kategori news portal dan Divisi Event Organizer

(EO) Riau POs untuk kategori kelompok EO yang paling inovatif. Selain itu, Riau Pos meraih peringkat ketiga untuk kategori koran umum terbaik.

Total empat penghargaan diraih dalam penutupan Annual Meeting Riau Pos Group 2013 di Hotel Aston, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ahad malam (4/1).

‘’Penghargaan ini membuktikan Riau Pos tidak hanya berjaya di darat, di dunia maya kita juga berkembang,’’ kata General Manager Riau Pos, H Zulmansyah Sekedang didampingi Pemimpin Redaksi (Pemred) Riau Pos HM Nazir Fahmi dan Pemred www.riaupos.co H Yasril di sela-sela penutupan annnual meeting yang berlangsung sejak Sabtu lalu (4/1).

Sedangkan Group Head Editor Riau Pos, Raja Isyam Azwar menegaskan keberhasilan yang diraih Riau Pos, merupakan prestasi bersama. ‘’Ini buah dari kerja keras yang harus terus ditingkatkan,’’ jelas Raja Isyam Azwar.

Sementara itu HM Nazir Fahmi menambahkan, penghargaan jurnalistik terbanyak yang diraih itu, Riau Pos mengalahkan 23 koran lainnya di lingkungan RPG. Bagi redaksi, lanjutnya, kualitas berita selalu di kedepankan.

‘’Beranjak dari kualitas berita itu, awak redaksi sering memenangkan lomba LKTJ tingkat lokal, regional maupun nasional. Pada 2013, lebih 20 LKTJ yang dimenangkan wartawan Riau Pos. Saya mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan redaksi yang berpegang teguh pada konsep jurnalistik berkualias dan bertanggung jawab. Terima kasih juga buat kawan-kawan yang telah mengharumkan nama Riau Pos baik di tingkat lokal, regional maupun nasional,’’ ujarnya.

Annual meeting yang dipimpin CEO RPG, H Makmur Kasim SE MM Akt membicarakan perkembangan Riau Pos Grup (RPG) selama 2013 dan pengembangan program kerja 2014.

Selain itu juga sebagai ajang apresiasi kinerja manajemen dalam lingkup RPG yang tersebar di Riau Daratan, Kepulauan Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Sumatera Utara (Sumut) dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Dalam ajang apresiasi tersebut, Divisi Regional (Divre) Padang tampil sebagai peraih kinerja terbaik satu. Kinerja Divre Padang yang pada 2012 harus puas berada pada posisi kedua, berhasil menyingkirkan rivalitas terkuat, Divre Pekanbaru, yang pada tahun ini harus turun ke posisi kedua.

Anak perusahaan di Divre Padang meliputi PT Intermedia Padang Pers, PT Posmetro Intermedia Pers, PT Sumbar Intermedia Pers. Lalu, PT Graindo Padang, Padang TV, Triarga TV, Dharmasraya TV, Padangtoday, PT MLink, PT Padek Multi Karya.

Divre Pekanbaru yang menaungi belasan anak perusahaan, berada pada posisi kedua. Di antaranya Riau Pos, Pekanbaru Pos, Pekanbaru MX, Dumai Pos, news portal www.riaupos.co, majalah riaupos.co dan lainnya.

Disusul posisi ketiga Divre Batam yang menaungi Batam Pos, Tanjungpinang Pos, Batam TV dan lainnya.

Annual meeting RPG merupakan ajang pembuktian bagi anak-anak perusahaan di bawah bendera RPG, menjadi yang terbaik. Tak ayal, manajemen setiap anak perusahaan tampak harap-harap cemas menanti pengumuman hasil penilaian kinerja dari Biro Direksi RPG.

Secara umum, ada lima kategori penghargaan yang diumumkan. Yakni, penghargaan kategori kinerja koran umum, kategori koran metro, kategori televisi, kategori percetakan, kategori kinerja divre, dan kategori khusus.

Hasil penilaian Biro Direksi, untuk penghargaan kategori koran umum diraih oleh Dumai Pos. Dumai Pos mampu mengalahkan Batam Pos yang pada 2012 meraih predikat terbaik satu disusul posisi kedua oleh Padang Ekspres dan posisi ketiga diraih Riau Pos.

Untuk katagori koran metro diraih Posmetro Padang. PT Padang Graindo, terbaik satu untuk kategori kinerja perusahaan percetakan. Sedangkan untuk kategori televisi diraih Riau Televisi (RTv) disusul Padang TV.

Selanjutnya, untuk penghargaan khusus, ada 6 kategori. Yakni kategori majalah online terbaik satu diraih batampos.co, kategori news portal terbaik oleh riaupos.co, kategori kelompok bisnis paling inovatif dan prospektif diraih Divre Pekanbaru, kategori CSR paling inovatif diperoleh Erdeka Muda Batam, kategori kelompok EO paling inovatif didapuk pada EO Riau Pos, dan kategori kualitas dan peraih penghargaan jurnalistik terbanyak diraih Riau Pos.

CEO Makmur Kasim menyebutkan bahwa kinerja RPG membaik pada 2013. Ini menunjukkan virus kerja, kerja, kerja makin tertular pada seluruh karyawan di perusahaan masing-masing.

Sinergisitas yang baik antara divisi redaksi dan usaha, kata Makmur, terbukti makin membuat koran di bawah bendera RPG dicintai masyarakat di daerah masing-masing.

Makmur meyakini jika kualitas berita semakin membaik, dengan sendirinya mampu mengatrol kinerja usaha.

‘’Bagi masyarakat, bila merasa koran kita konsisten mengakomodir dan memperjuangkan kepentingan mereka, pasti mereka setia menjadi mitra kita. Ini yang sering disampaikan Pak Dahlan Iskan, agar selalu memperjuangkan kepentingan masyarakat,’’ pesan Makmur.

Berkontribusi di Empat Tapak di Sumatera

Sebelumnya, Chairman Riau Pos Grup (RPG) H Rida K Liamsi mengatakan, Riau Pos Grup sebagai sebuah grup media terbesar akan tetap memberi kontribusi kepada pengembangan perekonomian daerah dimana grup ini bergerak.

‘’Ini sebuah komitmen besar dari sebuah perusahaan besar yang peduli terhadap daerah. Saya sampaikan, Riau Pos tidak hanya sekadar mencari keuntungan belaka, tapi juga memberikan kontribusi pada empat tapak Riau Pos Grup di Sumatera, baik di bidang perekonomian, sosial, kebudayaan dan sebagainya,’’ kata H Rida K Liamsi saat Annual Meeting Riau Pos Group di Hotel Aston Tanjungpinang, Ahad (5/1) malam tadi.

Empat tapak tempat tumbuh dan suburnya Riau Pos Group itu adalah Riau, Riau Kepulauan, Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dari sana pula tumbuh puluhan media cetak dan elektronik serta televisi yang berada di bawah naungan Riau Pos Group.

Di bidang ekonomi paparnya, Riau Pos telah memberikan warna baru sejak 23 tahun lalu. Tidak hanya di Riau, tapi juga di Kepulauan dan Sumatera Barat.

Sedangkan di bidang kebudayaan, Riau Pos dengan Anugerah Sagang yang hingga saat ini mampu bertahan 18 tahun.


‘’Tidak ada di Indonesia lembaga yang mampu memberikan penghargaan hingga 18 kali atau 18 tahun secara berturut-turut seperti Sagang. Ini merupakan kebanggaan kita Riau Pos Gruop,’’ kata Rida lagi.

Sekarang ujar Rida, RPG di Kepri juga memberikan warna tersendiri di bidang sejarah, kebudayaan dan ekonomi Kepri ke depan dengan dimulainya festival Sungai Carang.

‘’Saya berharap besar grup di empat tapak itu juga berbuat sama, sehingga ada yang menjadi kebanggan kita bersama,’’ papar Rida K Liamsi.

Dalam kegiatan yang digelar di pinggir kolam renang itu, Rida K Liamsi juga mengumumkan Grand Team Riau Pos Gruop 2014. Selain itu juga diumumkan perusahaan yang mendapatkan penghargaan terbaik dengan beberapa kategori.(rpg/ril/mnf/esi/fia)