Save The Earth jadi CSR RPG

Aktifitas Sabtu, 24 Oktober 2009
Save The Earth jadi CSR RPG
Chief Executive Officer (CEO) Riau Pos Group (RPG) Rida K Liamsi berinisiatif dan menyatakan Save The Earth (program lingkungan menyelamatkan bumi) menjadi Program Corporate Social Responsibility (CSR) tanggungjawab sosial perusahaan) RPG.
Hal itu dikemukakan orang nomor satu di RPG ini pada pertemuan terbatas penanggungjawab halaman save the earth RPG, di penghujung Juni 2009. Hadir dalam pertemuan terbatas itu penanggungjawab halaman dan program save the earth di lima koran dan dua televisi. Lima koran tersebut adalah Riau Pos, Padang Ekspres, Batam Pos, Batam News, dan Sumut Pos. Sementara dua televisi adalah Riau Televisi (RTv) dan Batam Televisi (BTv).
Program Save The Earth sebenarnya telah dimulai dari halaman save the earth Riau Pos, sejak September 2007. Halaman itu kemudian diadopsi oleh Batam Pos (dimulai enam bulan lalu, namun sempat terhenti) dan Sumut Pos (pertengahan Juni lalu) dan saat ini akan dikembangkan di koran-koran RPG lainnya termasuk televisi pada bulan Juni ini.
Pria kelahiran 17 Juli ini menyatakan Program Save The Earth itu adalah bentuk tanggungjawab media terhadap lingkungan. ?Ini akan menjadi kontribusi nyata RPG untuk turut menyelamatkan bumi dan segenap isinya,? ujarnya
Rida kemudian memaparkan bahwa perhatian dunia dan semua pihak terhadap lingkungan kini menjadi prioritas utama, seiring dengan makin tingginya jumlah dan dampak bencana ekologis. Emil salim, tokoh lingkungan Indonesia , mengatakan Jawa mungkin sudah sangat sulit untuk diselamatkan. Namun Sumatera masih sangat berpeluang di beberapa wilayah
Untuk itu Riau Pos Grup sebagai grup media yang berada di Pulau Sumatera tepatnya Sumatera bagian Utara akan mengembangkan Program Save The Earth sebagai Program Corporate Social Responsibility (CSR),? ujarnya.
Dia juga menyebutkan halaman dan program save the earth, adalah tempat untuk memberikan penghargaan dan pujian bagi mereka yang berupaya menyelamatkan lingkungan. ?Jadi halaman ini khusus untuk memberikan apresiasi dan rasa bangga kita terhadap semua kegiatan positif yang dilakukan oleh pemerintah, kepala daerah, perusahaan atau siapapun yang telah melakukan kebijakan dan gerakan penyelamatan lingkungan. Namun bukan berarti kita tidak melakukan kritik. Khusus untuk kritik itu dihalaman koran yang lain saja,? papar Rida.
Dalam pertemuan terbatas itu dihasilkan beberapa rekomendasi. Yakni.
  1. Membuat Forum Save The Earth di Riau Pos Group lewat milis dan membangun web save the earth
  2. Membangun halaman save the earth di masing-masing media sebagai bagian dari corporate social responsibility (CSR). untuk koran efektif 1 Juli 2009, televisi efektif 5 Juli 2009.
  3. Masing-masing koran mengangkat isu strategis sesuai dengan kondisi dan keadaan wilayahnya.
  4. Membangun jaringan kerja ke pemerintah daerah dan dunia usaha
  5. Mendirikan Yayasan Save The Earth di masing-masing provinsi
  6. Yayasan Save The Earth akan memberikan penghargaan setiap tahunnya kepada orang/institusi yang berperan terhadap penyelamatan lingkungan.
  7. Diberikan beasiswa kepada wartawan untuk mengambil jenjang pendidikan S2 bidang lingkungan.
  8. Dilakukan program pelatihan jurnalistik lingkungan di Riau Pos Grup dengan sumber Riau Pos Group ataupun pihak luar.
  9. Merancang program sosialisasi yang terus menerus.


Related Post